Makmurkan Masjid, Berdayakan Umat

Tiga Periode Perintah Qurban

Tiga Periode Perintah Qurban

ANNUUR| Mendekati Idul Adha, tepatnya pada Ahad, 12 Agustus 2018, kajian subuh di Masjid An-Nuur setelah Shubuh membahas tema seputar ‘Tiga periode qurban’ yang disampaikan oleh Ustadz Kirman Wibowo.

Tercatat dalam sejarah, bahwa ibadah qurban telah dimulai sejak nenek moyang manusia pertama sebagaimana dikisahkan Al-Quran (QS. Al-Maidah: 27). “Ceritakanlah kepada mereka kisah kedua putra Adam (Qabil dan Habil) menurut yang sebenarnya, ketika keduanya mempersembahkan qurban, maka diterima dari salah seorang mereka berdua (Habil) dan tidak diterima yang lain (Qabil).”

Para ahli tafsir menyatakan bahwa peristiwa qurban yang dilakukan putra Adam As adalah merupakan solusi dari polemik perang dingin yang terjadi antara keduanya dalam mempersunting Iklimah sebagai pasangan hidup melalui qurban yang diterima Allah.

Pada akhir kisah disebutkan, ternyata qurban yang diterima Allah SWT adalah yang didasarkan atas keihlasan dan ketaqwaan kepada-Nya, yaitu qurban Habil yang berupa seekor domba yang besar dan bagus. Sementara qurban Qabil ditolak karena dilakukan atas dasar hasud (kedengkian). Karena kebakhilannya, ia juga memilihkan domba peliharaannya yang kurus untuk untuk diqurbankan.

Qabil yang kalah dalam sayembara qurban akhirnya ia memutuskan untuk membunuh saudaranva sendiri. Peristiwa ini adalah awal kali terjadinya pembunuhan dalam sejarah umat manusia.

Periode kedua ketika Nabi Ibrahim akan menyembelih anaknya sendiri, Ismail untuk diqurbankan. Karena Ibrahim ragu apakah perintah tersebut benar-benar dari Allah atau iblis (Tarwiyah), akhirnya setelah mimpi yang ketiga Ibrahim meyakini bahwa ini perintah Allah (Arafah). Lalu ketika Ismail akan disembelih, Allah menggantikannya dengan seekor domba besar.

Periode Ketiga, ketika Rasulullah menerima wahyu Surat AlKausar: 2 “Maka dirikanlah shalat karena Rabbmu dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah).

Jelas Allah memerintahkan kepada Muhammad untuk menjalankan shalat dan berqurban. Dan qurban itu diperuntukkan untuk yangmasih hidup. Di mana ayat tersebut satu rangkaian, di mana menyuruh sholat yang mana untuk orang yang masih hidup lalu perintah berqurban.

 

`

Tinggalkan Balasan


ALAMAT

Masjid An-Nuur Perumahan Permata Timur Curug Kalimalang Jakarta Timur 13450
Phone: (021) 86900849
Fax: (021) 86900877
Website: http://masjidannuur.com
Email: masjidannuur212@gmail.com

LOKASI MASJID