Makmurkan Masjid, Berdayakan Umat

Menyiapkan Haji Sejak Usia Muda

Menyiapkan Haji Sejak Usia Muda

ANNUUR| Berhaji bisa dilakukan persiapannya jauh-jauh hari, selama ini kita sering kurang tepat merencanakan untuk beribadah haji. Kebanyakan tidak direncanakan sejak dini untuk bisa berangkat haji. Padahal jika kita persiapkan di usia mhbuda akan menjadi kekuatan yang luar biasa.

Pengajian setelah shalat Shubuh yang disampaikan oleh Ustadz Sugiarto Sutomo di Masjid An-Nuur Permata Timur ini mengambil tema ‘Menyiapkan sejak dini untuk berhaji’.

Dalam paparannya, Ustadz Sugiarto mengatakan bahwa sebagai orangtua yang memiliki anak-anak, hendaknya bisa menghimbau kepada anak-anaknya agar bisa menyiapkan lebih dini untuk beribadah haji. Hal ini penting, karena ketika umur masih muda kekuatan untuk menjalankan haji bisa lebih baik dibanding diusia yang sudah uzur.

Bagaimana caranya? Ustadz Sugiarto menyarankan agar anak-anak diusia 30 tahun sudah bisa memulai membuka tabungan haji agar kelak di usia 40 tahun sudah bisa dan siap untuk menjalankan ibadah haji.

Hikmah menyiapkan ibadah haji sejak dini ini juga akan berdampak pada akhlak si anak untuk bisa selalu berperilaku yangbaik. Seperti yang dikupas dalam al-Quran Surat al-Baqarah 197: “(Musim) haji adalah beberapa bulan yang diketahui, barangsiapa yang menetapkan niatnya dalam bulan itu akan mengerjakan haji, maka tidak boleh rafats, berbuat fasik dan berdebat di dalam masa mengerjakan haji.”

Jelas sekali ketika sudah melakukan niat dan persiapan untuk berhaji melalui menabung, maka si anak tidak boleh berbuat rafats, fasik perbuatan jelek lainnya. Jika ini tertanam dalam si anak, maka saat tiba waktunya menjalanakn haji, ia benar-benar sudah siap dan mampu menjalankannya.

Anak muda yang sudah terlatih tidak berbuat rafats, fasik, maksiat dan mampu mengendalikan pembicaraan, niscaya dia akan menjadi pribadi unggul ditambah sudah berhaji. Makanya akan mendapatkan haji yang best quality.[]

 

 

 

Tinggalkan Balasan


ALAMAT

Masjid An-Nuur Perumahan Permata Timur Curug Kalimalang Jakarta Timur 13450
Phone: (021) 86900849
Fax: (021) 86900877
Website: http://masjidannuur.com
Email: masjidannuur212@gmail.com

LOKASI MASJID