Makmurkan Masjid, Berdayakan Umat

Menghindari Sifat Jahiliyah

Menghindari Sifat Jahiliyah

ANNUUR| Karakter kejahiliahan ternyata masih nampak nyata di zaman modern ini. 14 abad lalu, Rasulullah sudah mennginfokan bahwa ada sifat-sifat jahiliah yang umat Islam masih melakukan hingga sekarang.

Pengajian Ahad, 22 Juli 2018 setelah Shubuh disampaikan oleh Ustadz Yusuf Hisban Faisa dengan tema ‘Tanda-tanda dan sifat-sifat jahiliyah’.

Ustadz menjelaskan  bahwa umat Islam saat ini masih banyak yang mempraktikkan layaknya orang-orang jahiliyah tempo dulu, ada empat karaktersitik jahiliyah yang orang Isam masih melakukan sampai sekarang. “Apa yang diprediksi Rasulullah tepat dan sekarang terjadi di masyarakat Islam,” katanya.

Pertama, Bangga dengan keturunan. Saat ini masih banyak orang yang bangga dengan keturunannya padahal ini budaya jahiliyah. Dalam Islam yang paling mulia adalah ketaqwaannya dan bukan karena keturunannya. “Kebanggaan terhadap kesukuan atau kedaerahan juga bagian dari kejahiliyahan. Akiabatnya jika bangga dengan keturunan akan hilang alwalak dan albarak,” tuturnya.

Kedua, Menghina nashab. Memberikan kejelekan terhadap nashab tertentu, stigmatisasi ini bertentangangan dengan ajaran Islam. Misalnya orang Padang dicap pelit, orang Sunda dicap matre, Madura dicap kasar dan lain sebagaianya. “Tidak boleh kita menghubungkan karakter seseorang dengan nashabnya,” ujarnya.

Ketiga, Meminta sesuatu dengan perbintangan atau zodiak. Menghubungkan tanggal lahir dengan kegiatannya merupakan tradisi jahiliyah. Padahal yang mengatur hidup kita adalah Allah. Hidup kita diatur oleh taqdir Allah.

Keempat, Meratapi orang yang telah meninggal. Dalam Islam meronta-ronta karena kehilangan orang yang dicintai bagian dari sifat jahilliyah. Dengan air mata sudah cukup untuk menunjukan kecntaan kita ditinggal orang yang dicinta. Jadi hanya mengharap akan ridha Allah semata.

Jahiliyah itu keadaan di mana seseorang belum mengenal nilai-nilai Islam. Sekarang peradaban tidak bertuhan karena yang didewa-dewakan adalah materi, jabatan dan popularitas. Inilah jahiliyah modern. Semua itu terjadi karen merasa cukup dan tidak perlu hidayah dari Allah. Mereka beranggapa dengan akalnya bisa membimbingnya, sehingga hidupnya semau sendiri.[]

 

Tinggalkan Balasan


ALAMAT

Masjid An-Nuur Perumahan Permata Timur Curug Kalimalang Jakarta Timur 13450
Phone: (021) 86900849
Fax: (021) 86900877
Website: http://masjidannuur.com
Email: masjidannuur212@gmail.com

LOKASI MASJID