Makmurkan Masjid, Berdayakan Umat

Hidup Berorientasi Akhirat

Hidup Berorientasi Akhirat

MASJIDANNUUR| Dunia hanya tempat untuk mampir menuju akhirat yang kekal. Maka merugi bagi manusia yang tidak menyiapkan dirinya untuk kehidupan di akhirat. Akhirat harus menjadi orientsi hidup umat Islam, dengan tidak mengabaikan kehidupan di dunia.

Pengajian pekanan pada Ahad, 28 Januari 2018 disampaikan oleh Ustadz H Masadi Sulthani mengupas seputar orientasi kehidupan di dunia.

Banyak nikmat Allah yang diberikan Allah, ada nikmat yang paling tinggi nilainya dan derajatnya, yatu nikmat iman, islam dan ihsan. Kenapa tiga nikmat ini berharga yang tidak bisa dihargai dengan materi di dunia, karena nikmat itu yang akan kita bawa mati sebagai amal kebajikan kita. “Tiga nikmat ini harus kita jaga selama hidup di dunia,” tuturnya.

Dalam paparannya, Ustadz Masadi menjelaskan Surah al-Isra’ ayat 18-19 tentang ada dua kelompok manusia yang hanya ingin meminta kesengan dunia saja, ada juga yang meminta keduanya, dunia dan akhirat.

“Barangsiapa menghendaki kehidupan sekarang (duniawi), Maka kami segerakan baginya di dunia itu apa yang kami kehendaki bagi orang yang kami kehendaki dan kami tentukan baginya neraka jahannam; ia akan memasukinya dalam keadaan tercela dan terusir. Dan barangsiapa yang menghendaki kehidupan akhirat dan berusaha ke arah itu dengan sungguh-sungguh sedang ia adalah mukmin, Maka mereka itu adalah orang-orang yang usahanya dibalasi dengan baik.”

Jadi ada kehidupan dunia dan akhirat, ada yang ingin senang di dunia saja, maka Allah akan berikan, tapi ada yang orientasinya untuk kehidupan akhirat dengan cara memaksimalkan hidup di dunia untuk akhirat.

“Islam tidak mengharapkan kehidupan di dunia, dunia tidak boleh memukau sehingga lupa akhirat. Silahkan mencari kehidupan dunia tapi untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah,” jelasnya.

Ustadz Masadi juga menjelaskan, barangsiapa yang akhirat menjadi orientasinya, maka Allah akan memberikan kepadanya tiga hal. Pertama, Allah akan menjadikan kekayaannya ada di dalam hatinya. Kedua, Allah akan menghimpunkan sesuatu yang terserak untuk dia. Ketiga, Allah akan menjadikan dunia datang kepadanya dengan terpaksa. Ketiga hal ini dari hadis muttafaqun alaih.

“Mari dalam hidup ini orientasinya untuk akhirat, dunia akan datang sendiri jika kita berorientasi pada akhirat,” jelasnya.

Sementara itu, bila orientasinya dunia saja tanpa memikirkan akhirat, maka Allah akan berikan padanya tiga hal. Pertama, Allah akan menjadikan kefakiran dan tidak pernah puas dengan dunia. Kedua, Allah akan ceraiberaikan kesatuannya. Ketiga, dunia tidak akan ia dapatkan kecuali atas ketetapan Allah.

Untuk itu, menurut Ustadz Masadi ada beberapa hal agar kehidupan di dunia ini memiliki orientasi akhirat:

  1. Beristighfar, banyak orang salah memahami. Umumnya istighfar dilakukan setelah melakukan dosa. Padahal kita butuhkan setiap saat. Jadi jangan bersalah dulu baru istighfar.
  2. Memperkuat iman. Dengan cara menghadiri majelis taklim, membaca quran, membaca buku-buku keislaman agar wawasan tentang Islam lebih baik.
  3. Melaknsakan perkara yang wajib dan sunnah, meninggalkan yang haram dan makruh.
  4. Memperbanyak mengingat kematian, dengan cara memotivasi diri untuk berbuat amal sholeh.
  5. Memperbanyak dzikir dan doa.

 

 

 

Tinggalkan Balasan


ALAMAT

Masjid An-Nuur Perumahan Permata Timur Curug Kalimalang Jakarta Timur 13450
Phone: (021) 86900849
Fax: (021) 86900877
Website: http://masjidannuur.com
Email: masjidannuur212@gmail.com

LOKASI MASJID