Makmurkan Masjid, Berdayakan Umat

Golden Time

Golden Time

Oleh: Ustadz Emil Azman Sulthani

Time is money, waktu adalah uang, begitu kata orang Barat. Bisa merugi tidak mendapatkan uang gara-gara menyia-nyiakan waktu. Waktu seperti pisau atau pedang yang sangat tajam,  itulah salah satu nasihat Ali bin Abi Thalib. Bisa menjadi pisau dan pedang yang akan melukai diri kita sendiri, apabila tidak mempergunakan waktu secara baik dan tepat. Demikian urgensinya waktu dalam kehidupan umat manusia. Karena pentingnya masalah waktu ini, sehingga Allah SWT sering bersumpah dalam Al Quran dengan mempergunakan kata-kata waktu. Misalnya “Demi masa” (QS Al ‘Ashr (103): 1. “Demi waktu dhuha” (QS Adh Dhuhaa(93): 1, “Demi waktu malam” (QS Al Lail(92): 1, dan “Demi waktu fajar” (QS Al Fajr(89): 1.

Di antara waktu yang mendapatkan perhatian dalam Al Quran dan As Sunnah adalah waktu “sahur”. Sesuai firman Allah dalam QS Ali ‘Imran(3): 17, “(yaitu) orang-orang yang sabar, yang benar, yang tetap taat, yang menginfaqkan hartanya (di jalan Allah), dan yang memohon ampun di waktu sahur”. Maksudnya adalah orang-orang yang memiliki kebiasaan atau berperilaku seperti inilah, orang-orang yang akan mendapatkan keselamatan dan kesuksesan dalam hidupnya, baik di dunia maupun di akhirat nanti. Salah satunya dengan selalu beristighfar di waktu sahur.

Mereka itulah orang-orang yang mempunyai kesadaran tauhid yang tinggi kepada Allah, kesadaran yang menempatkannya merendahkan diri (‘abdun) dan selalu merasa banyak dosa di hadapan Allah.  Dengan beristighfar ini mereka ingin membersihkan hati, pikiran dan perilakunya dari perbuatan maksiat kepada Allah SWT. Apalagi dilakukannya pada waktu sahur, suatu waktu yang tidak banyak  orang yang mampu bermunajat dan beristighfar kepada Allah. Dalam sebuah hadits Qudsi digambarkan bahwa pada waktu sahur itu Allah dengan para MalaikatNya turun ke langit dunia sambil berfirman, “Adakah di antara hambaKu  yang memohon pertolongan, pasti akan Kuberikan pertolongan kepadanya”. Inilah kelebihan waktu sahur atau sepertiga malam menjelang subuh ini.

Salah satu amaliyah di bulan Ramadhan yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW (sunnah Muakkadah) adalah makan pada waktu sahur “Makan sahurlah kamu sekalian, karena di dalamnya terdapat keberkahan” (HR Bukhari dan Muslim). Ini juga berlaku apabila kita melaksanakan puasa-puasa sunnah lainnya yang dianjurkan oleh nabi Muhammad SAW. Makna keberkahan ini bukan hanya terbatas semata-mata pada makan dan minum sahurnya, tetapi juga pada aktivitas ibadah lainnya yang dilakukan pada waktu sahur itu, seperti shalat tahajud, bermunajat kepada Allah serta membaca Al Quran.

Jika bangun pada waktu sahur ini dilakukan secara rutin dan terus menerus, maka akan menjadi suatu kebiasaan sekaligus kebutuhan bagi orang-orang yang beriman. Waktu sahur adalah waktu emas (golden time) yang sangat berharga dan harus dimanfaatkan semaksimal mungkin karena di dalamnya terdapat berbagai macam keberuntungan, keindahan dan kenikmatan. Orang akan khusyu’ pula dalam beribadah kepada Allah, bermunajat kepada Allah dan berdzikir kepada Allah SWT.  Oleh karena itu mari kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya waktu sahur yang sangat berharga ini.

Semoga Allah SWT melimpahkan keberkahan hidup kepada kita semua. Bermohon dan berdoa kita kepada Allah SWT supaya kita orang-orang yang beriman dan bertaqwa ini secara cerdas dan bersemangat spiritual untuk dapat memanfaatkan waktu sahur yang sangat berharga dan mulia ini dengan tujuan meningkat kualitas keimanan dan ketaqwaan kita di sisi Allah SWT. Serta diberikan pula kesadaran, hidayah dan taufik dalam menyikapi momen emasnya waktu sahur ini. Karena dengan hanya kebaikan kedua kehidupan dunia dan akhirat inilah kita kaum Muslimin dapat menghadap kepada Allah dengan sempurna kelak di kemudian hari.  Dengan tetap berdoa, “…. Ya  Tuhan kami janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi Engkau, karena sesungguhnya Engkaulah Maha Pemberi (karunia)” (QS Ali ‘Imran(3): 8). Aamiin yaa mujiibas saailiin. Selamat mengerjakan ibadah di waktu sahur. Wallaahu a‘lam bishshawaab.

 

Tinggalkan Balasan


ALAMAT

Masjid An-Nuur Perumahan Permata Timur Curug Kalimalang Jakarta Timur 13450
Phone: (021) 86900849
Fax: (021) 86900877
Website: http://masjidannuur.com
Email: masjidannuur212@gmail.com

LOKASI MASJID