Makmurkan Masjid, Berdayakan Umat

Empat Rahasia Amalan Waktu Shubuh

Empat Rahasia Amalan Waktu Shubuh

MASJIDANNUUR| Waktu subuh adalah waktu yang istimewa, karna disana banyak terdapat rahasia amalan yang biasa Rasulullah SAW lakukan. Berikut beberapa rahasia di waktu subuh menurut Syekh Ali Jaber.

1.Salat Subuh Berjamaah Seperti Salat Malam Sepanjang Malam

Rasulullah SAW bersabda dalam sebuah hadits yang shahih.“…Barang siapa yang melakukan salat Subuh berjamaah, maka dia sama seperti manusia yang melakukan salat malam sepanjang waktu malam itu”. (HR. Muslim dari Utsman bin Affan Radhiallahu ‘anhu)

Ternyata pahala yang begitu besar bisa kita dapatkan dari ikut salat subuh berjamaah di masjid yaitu seperti salat malam sepanjang malam. Apakah diantara kita ada yang mampu untuk melaksanakan salat sepanjang malam?. Saya yakin sangat berat sekali untuk bisa mengerjakannya, tapi dengan salat subuh berjamaah Insha Allah pahalanya sama seperti salat malam sepanjang malam.

  1. Ketika Adzan Subuh Berkumandang

Ketika mendengar adzan pada saat hendak salat subuh banyak yang tidak mengetahui sehingga tidak mengikuti saat muadzin mengumandangkan adzan. Padahal ada sebuah hadits yang menjaminkan kita diampunkan dari semua dosa sebagaimana diriwayatkan oleh Imam Muslim khususnya saat muadzin sedang mengucapkan Ashadualla Ilahailallah  Ashadu anna Muhammad Rasulullah  kita menjawab: “Wa anna ashadualla ilahailallah wahdahula syarikalah, wa asyhadu anna muhammadan abduhu wa rasuluh, radhitu billahi rabba wabil muhammadin nabiyya wabil islamidina. Diampuni Allah dosa yang telah lalu” (Hadist Riwayat Muslim).

  1. Ketika Selesai Adzan Subuh

Ketika selesai adzan jangan lupa kita salawat dulu kepada Nabi Muhammad SAW baru baca doa sesudah adzan. Banyak diantara kita yang langsung membaca doa sesudah adzan. Padahal diriwayatkan oleh Imam Bukhari bahwasanya Rasulullah menyuruh kepada kita bersalawat kepadanya kemudian baru membaca doa sesudah adzan, kita dijamin akan mendapat syafaat Rasulullah SAW di akhirat kelak

  1. Sedekah Subuh

“Bersedekah pada saat subuh didoakan malaikat. Doa malaikat: Ya Allah berikanlah pengganti yiang berkah pada hambamu yang berinfak” (Hadits Riwayat Bukhari).

Biasakan bersedekah pada saat subuh walaupun itu cuman seribu, dua ribu atau lima ribu tapi lakukan dengan rutin karena disitu dapat doa malaikat, bukan hanya saja doa malaikat tetapi doa Nabi Muhammad SW. Bukan hanya menjadi sebuah kebiasaan tetapi dihayati, disitulah akan terasa perubahan yang luar biasa baik dari segi rizki, dari segi ketenangan, dari segi pikiran, bahkan dari segi ibadah.

 

 

Tinggalkan Balasan