Makmurkan Masjid, Berdayakan Umat

Damai Indonesiaku Bersama Ustadz Arifin Ilham di Masjid An-Nuur

Damai Indonesiaku Bersama Ustadz Arifin Ilham di Masjid An-Nuur

MASJIDANNUUR| Jakarta–Pengajian bulanan pada Sabtu, 5 Agustus 2017 di Masjid An-Nuur berbeda dengan biasanya. Pasalnya, pengajian kali ini disiarkan langsung oleh salah satu televisi swasta, TVOne dalam program Indonesia Damai.

Pengajian bulanan kali ini, Ustadz HM Arifin Ilham ditemani oleh seorang ustadz senior yaitu KH. Tohri Tohir dengan tema pembahasan seputar ibadah haji.

Dalam paparannya, Kiai Tohri Tohir menjelaskan bahwa dalam ibadah haji ada banyak nilai pelajaran yang bisa diambil sebagai pemeblajaran umat Islam. Ibadah haji memiliki nilai pendidikan moral paling tinggi, seperti dalam pendidikan keimanan digambarkan dalam ihram, pendidikan akhlaq dalam ibadah yaitu thawaf, pengorbanan dalam sai, kepasrahan melalui wukuf, dan jihad melalui tahalul.

Sementara itu Ustadz HM Arifin Ilham dalam tausiyahnya mengatakan, haji merupakan rukun Islam yang kelima dan hukumnya fardu ain bagi setiap mukmin yang mampu untuk menunaikan haji. Hakekatnya, pribadi mukmin untuk berjuang melakukannya karena itu rukun Islam. Allah akan menyenangi seseorang yang terus berikhtiar untuk bisa berhaji dan Allah menyukai hamba yang maksimal dalam berusaha.

Siapa yang megutamakan Allah, maka Allah utamakan dia, dan Allah membanggakan di depan para malaikatnya. Haji perjalanan menuju Allah, memenuhi undangan Allah. Mereka bergerak menuju Allah, Allah rahmati mereka dan ampuni mereka.

Ketika mereka menjalankan wukuf di arafah, Allah membanggakan mereka di depan para malaiatkanya. Para tamu Allah melakukan perjalanan dan doanya mustajab, sebelum sampai ke tanah suci, doa-doa mereka diijabah Allah.

Karena itu haji perjalanan puncak  dari rukun Islam, meninggalkan keluarga dan tanah air, ia tanggalkan pakaian kehormatan, pangkat. Ketika hanya berpakaian ihram, siap mati, dan kain kafan yang menemaninya.

Dari pakaian ihram, maka ia aka banyak mencari bekal sebanyak banyaknya karena ia akan selamanya dia kahirat, dia akan mencari sahabat yang baik, tidak mau menyakiti siapapun. Karena ia tahu semua akan menjadi saksi di akhirat.

Haji mabrur, kumpulan dari ibadah amal sholeh, karena itulah hamba yang melakukan ibadah haji puncaknya menjalani wukuf di Arafah. Merenungi diri siapa sebenarnya. Semua kembali dari tanah. Kita semua akan kembali ke tanah.

Haji hakikatnya adalah cinta kepada Allah, perjalanan nabi Ibrahim mencintai Allah. Rela anak yang tercinta dikorbankan untuk Allah, Siti Hajar juga rela dikorbankan. Ismail yang bermakna sangat mendengar ajakan ayahnya karena perintah Allah, rela untuk dikorbankan.

Siapapun yang mencintai Allah akan berjuang untuk menunaikan ibadah haji dan berkurban yang terbaik untuk Allah. Kalau sudah cinta kepada Allah, maka dia akan shalat, puasa, zakat. Semoga kita terus istiqomah dalam mencari keridlaan Allah. [NK]

 

Tinggalkan Balasan


ALAMAT

Masjid An-Nuur Perumahan Permata Timur Curug Kalimalang Jakarta Timur 13450
Phone: (021) 86900849
Fax: (021) 86900877
Website: http://masjidannuur.com
Email: masjidannuur212@gmail.com

LOKASI MASJID